Rabu, 10 Oktober 2012

Ancaman Radikalisme bagi Bangsa Indonesia

*
Radikalisme dapat diartikan sebagai keinginan untuk mencapai suatu perubahan mendasar secara drastis, bahkan bila perlu menggunakan jalan kekerasan atau pembalasan akibat ketertindasan, karena tidak menemukan cara lain yang lebih adil. Di Indonesia saat ini terdapat ribuan Organisasi masyarakat  yang memiliki faham radikal dan bahkan menentang Pancasila sebagai ideologi Negara. Kasus peledakan bom di berbagai daerah di Indonesia yang mengatasnamakan “jihad” hingga isu pembentukan Negara Islam di Indonesia yang biasa dikenal dengan gerakan NII  dengan memberlakukan syariat Islam kerap diberitakan di berbagai media massa.
Faham radikal ini tak lepas dari pengaruh globalisasi. Kejadian-kejadian tersebut tentu saja meresahkan masyarakat yang menginginkan kehidupan aman, tentram, tanpa adanya rasa was-was akibat  tindakan yang tidak manusiawi tersebut. Bagaimana tanggapan pemerintah megenai hal ini? Apakah tidak ada usaha  pemerintah dalam menangani kasus radikalisme agama mulai dari akarnya?  Apakah Pancasila juga sudah tidak lagi menjadi falsafah dan pandangan hidup bangsa?
Apapun alasannya, tindakan radikalisme harus dicegah dan dilawan bersama oleh pemerintah dan masyarakat, karena dapat menjadi ancaman serius bagi kedaulatan bangsa. Dalam hal ini diperlukan ketegasan dari pemerintah dalam menyikapi isu radikalisme yang berkembang, dimulai dari kontrol terhadap organisasi, ormas, dan bahkan partai yang henadak melakukan radikalisme di Indonesia.
Untuk menghentikan berkembangnya paham radikal yang mengusung terorisme, seluruh komponen masyarakat harus bekerjasama, tidak hanya melakukan pencegahan, tapi juga melakukan pendekatan secara persuasif terhadap mereka yang memiliki paham radikal. Hal ini juga tentunya menjadi tugas kita semua  untuk meluruskan makna jihad secara benar agar sesuai dengan ajaran Islam yang sesungguhnya. Sudah sepatutnya pemerintah dan masyarakat menyadari pentingnya nasionalisme dan nilai luhur Pancasila agar dihidupkan kembali dan supaya bangsa ini memiliki pandangan dan cita-cita yang sama dan jelas.
About The Author
Miss Rinda, just call me like that. I'm just ordinnary girl who love design and love to sharing anything. I live in Bandung, Indonesia. And nice to meet you guys :D
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

cursor

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com

HeZtiEnd_PhoeNya ^_^ Copyright © 2010 Designed by Rinda's Template Inspirated by Ipietoon