Rabu, 10 Oktober 2012

APAKAH NILAI PANCASILA MASIH DITERAPKAN DI INDONESIA?

*
Pada hakikatnya Pancasila adalah dasar negara dasar Republik Indonesia yang secara resmi dan menjadi kesepakatan nasional sejak diresmikan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Perumusan Pancasila sendiri juga digali dari hasil pemikiran maupun renungan jiwa para pendiri bangsa Indonesia. setiap warga negaranya wajib untuk selalu mematuhi dan melaksanakan setiap nilai yang ada dengan semestinya.
Perkembangan kehidupan kenegaraan Indonesia mengalami perubahan yang sangat besar terutama berkaitan dengan gerakan reformasi. Pada era reformasi ini banyak kalangan yang membincangkan kembali relevansi Pancasila dengan kondisi bangsa saat ini yang tengah krisis akan jati dirinya. Apakah nilai pancasila saat ini masih di terapkan di Indonesia?
Jika nilai pancasila masih di terapkan di Indonesia, mengapa konflik dan kekerasan berbasis agama seolah telah menjadi pemandangan yang biasa di Indonesia? Realitas ini dapat disimak dari banyaknya konflik di Indonesia ini akhir-akhir ini semisal penyerangan terhadap jemaat Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten; kerusuhan dan perusakan Gereja di Temanggung Jawa Tengah; serta pembakaran pondok pesantren Syi’ah di Sampang Madura.
Maraknya konflik dan kekerasan berbasis agama menandakan bahwasannya nilai-nilai kebhinnekaan di negeri ini mulai memudar. Padahal, kebhinnekaan merupakan modal sosial yang paling berharga bagi terbentuknya bangsa ini. Nilai- nilai Pancasila kini mulai terpinggirkan dan mungkin saja akan tergantikan dengan ideologi lain. Hal ini tidak akan terjadi bila semua pihak dan segenap bangsa, konsisten mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara murni dan konsekuen sebagai dasar negara dan sebagai sumber hukum positif yang berlaku di Indonesia.
Dengan majunya sistem informasi dan komunikasi, generasi bangsa juga mulai melupakan urgensi Pancasila. Kita tidak lagi memikirkan jiwa keadilan sosial dan kesejahteraan sosial yang menjadi salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila. Korupsi, kolusi, dan nepotisme kini telah menjadi kebiasaan di Negara kita. Banyak hal-hal yang dulunya tabu kini telah menjadi suatu hal yang biasa, karena kita tidak mau lagi mengkaji dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
Padahal, Pancasila merupakan kekayaan yang berharga bagi bangsa Indonesia. Maka dari itu sungguh sangat sayang apabila ditinggalkan. Akan tetapi fakta berbicara pada kenyataannya, contohnya lagi generasi muda saat ini lebih tertarik dengan kehidupan gaya Barat. Problem ini dikhususkan bagi kalangan pelajar terutama mahasiswa sebagai calon pengganti pemimpin bangsa di masa yang mendatang. Hendaknya kita sebagai mahasiswa selalu menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila.
Adapun usaha kita sebagai mahasiswa untuk menjunjung tinggi nilai pancasila, antara lain :
1.     Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayanya.
2.    Tidak semena-mena terhadap orang lain.
3.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
4.    Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan bernegara.
5.    Cinta Tanah Air dan Bangsa.
6.    Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
7.    Tidak bersifat boros.
8.    Tidak bergaya hidup mewah, dan sebagainya.
Semoga para generasi penerus bangsa bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila sedini mungkin dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan tercipta kehidupan yang harmonis diantara masyarakat Indonesia.


About The Author
Miss Rinda, just call me like that. I'm just ordinnary girl who love design and love to sharing anything. I live in Bandung, Indonesia. And nice to meet you guys :D
Share This
Subscribe Here

1 komentar:

haakongaebel on 4 Maret 2022 pukul 01.31 mengatakan...

The casino: The slots machines you need in - jtmhub
The slots machines you need in Las 강릉 출장마사지 Vegas. We have just the 성남 출장안마 right amount of 오산 출장안마 machines to go to play and it's super easy. Slots 여주 출장마사지 Machines – A 정읍 출장안마 Real Money Gambling Video Game for Fun.

Posting Komentar

 

cursor

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com

HeZtiEnd_PhoeNya ^_^ Copyright © 2010 Designed by Rinda's Template Inspirated by Ipietoon