Selasa, 23 Oktober 2012

Pendidikan di Indonesia

*

Pendidikan adalah tugas negara yang paling penting dan merupakan kunci bagi bangsa yang ingin maju dan unggul dalam persaingan global. Syarat dasar bagi terbentuknya peradaban yang lebih baik yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Menurut saya tentang pendidikan di Indonesia, belum tercapai sesuai tujuan yang diharapkan dan diprogramkan pemerintah, dikarenakan sistem pendidikan kita sering berubah-ubah.
Realitas pendidikan di Indonesia masih memiliki banyak masalah dan jauh dari harapan, bahkan jauh tertinggal dari Negara-negara lain. Pendidikan di Indonesia saat ini masih belum bisa di nilai maksimal. Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan di dalam mutu pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dengan adanya tujuan pendidikan yang ada, apakah tujuan pendidikan sudah dapat dirasakan bagi peserta didik ataukah belum?
Menurut saya, Pendidikan di Indonesia pada saat ini bukan untuk mencerdaskan bangsa, akan tetapi hanya mendidik individu agar memiliki ketajaman otak atau kemampuan berpikir (membuat orang menjadi pandai saja). Sementara itu, pendidikan watak dan karakter sangat diabaikan, sehingga terjadi kemerosotan moral dan etika di tengah kehidupan masyarakat Indonesia seperti banyak pelajar yang melakukan tawuran, narkoba, free sex dll. Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain rendahnya kualitas guru, mahalnya biaya pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai dan lain sebagainya.
Memang benar, pendidikan saat ini sangat memprihatinkan, bahkan pendidikan di Indonesia saat ini dapat dikatakan gagal. Hal ini terlihat dari begitu tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Kini para pengangguran bukan hanya para pengangguran yang tidak berpendidikan tinggi, namun banyak juga para pengangguran yang mengenyam pendidikan tinggi. Di saat pendidikan di Indonesia dianggap mengalami kegagalan, sebagian besar masyarakat sibuk menyalahkan pemerintah. Benarkan kegagalan ini merupakan kesalahan pemerintah sepenuhhnya?
Menurut saya itu tidak benar. Jika masyarakat menilai bahwa pemerintah sudah gagal mencapai tujuan pendidikan, mengapa sebagai warga masyarakat yang baik, kita tidak berusaha untuk ikut andil dalam memperbaiki kegagalan-kegagalan pendidikan yang telah terjadi? Andai saja masyarakat juga ikut andil untuk membebaskan Indonesia dari kegagalan pendidikan, saya kira kegagalan akan mulai berkurang.
Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia agar tidak kalah bersaing dengan Sumber Daya Manusia di negara-negara lain. 
About The Author
Miss Rinda, just call me like that. I'm just ordinnary girl who love design and love to sharing anything. I live in Bandung, Indonesia. And nice to meet you guys :D
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

cursor

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com

HeZtiEnd_PhoeNya ^_^ Copyright © 2010 Designed by Rinda's Template Inspirated by Ipietoon