Senin, 15 Oktober 2012

Situs Jaringan Facebook

*

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi masa kini tak dapat dibendung lagi. Teknologi merupakan suatu sarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam rentang waktu yang terbilang sangat  singkat, kemajuan teknologi bisa terlihat sangat jelas. Misalnya, HP sebagai alat komunikasi, dan pada saat ini kita dapat mencari informasi lebih cepat melalui internet. Kemajuan teknologi ini membawa banyak dampak terhadap berbagai aspek kehidupan di dunia.
Pada zaman modern seperti saat ini, sudah tidak asing lagi bagi kita tentang adanya internet dan berbagai jaringan situs pertemanan melalui dunia maya. Misalnya; Facebook, Twitter, Blogger, wordprees, dan masih banyak lagi. Untuk sekarang, saya hanya akan membahas tentang Facebook saja. Siapa yang tidak mengenal Facebook pada zaman ini? Tidak hanya digunakan oleh kaum remaja dan dewasa saja, bahkan anak-anak yang masih dibawah umur saja sekarang sudah mempunyai akun Facebook.
Bayangkan, betapa kentalnya pengaruh Facebook di lingkungan sekitar kita. Saya berfikir, apakah berguna bagi anak yang masih dibawah umur memiliki akun Facebook? Bukankah, sudah sering kita mendengar banyak kasus kriminal yang terjadi akibat Facebook? Apakah Facebook berguna untuk kita? Sejujurnya, situs pertemanan Facebook ini cukup penting untuk kita. Facebook sebenarnya juga bisa dibilang hanya sebagai alat untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain, untuk  berbagi ilmu ataupun pengalaman-pengalaman, bisa juga untuk mencari teman-teman kita di sekolah dahulu atau bahkan mencari nafkah melalui Facebook . Banyak manfaat yang kita peroleh dari Facebook. Tapi mungkin sekarang orang salah sedikit mengerti tentang arti facebook itu sendirinya.
Apakah kita pernah melihat dampak negatifnya? Misalnya, kriminalitas yang meningkat seperti yang kita tahu bahwa pada saat sekarang ini banyak berita yang memberitakan banyaknya orang hilang, akibat bertemu dengan seseorang yang belum kita kenal melalui Facebook. Rata-rata yang hilang adalah para gadis ABG. Banyak orang tua yang mengeluh akibat kehilangan anaknya. Kondisi seperti ini sangatlah memprihatinkan.
 Lalu dampak negatif yang lainnya adalah pencemaran nama baik. Selain itu juga dapat mengakibatkan kecanduan Facebook yang tidak bagus, seperti saja sebagian Mahasiswa pada saat ini, mereka lebih mementingkan membaca status Facebook daripada harus membaca buku pelajaran mereka.
Saya tidak menyalahkan adanya Facebook, karena saya sendiri memiliki akun Facebook. Tetapi, jika kita terlalu banyak dalam pemakaian Facebook, dapat berakibat fatal bagi diri kita sendiri. Kita tidak bisa menyalahkan mengapa Facebook itu harus muncul. Yang harus kita salahkan adalah orang-orang yang mengambil kesempatan yang jahat melalui Facebook. Jadi, menurut saya, penting atau tidaknya Facebook, dan buruk atau tidaknya Facebook itu tergantung kepada individu masing-masing.
Sebenarnya hal-hal negatif seperti itu dapat kita hindari, misalnya jangan mudah terpengaruh rayuan orang lain, tidak menampilkan foto yang di rasa kurang sopan, lebih berhati-hati dalam berkomunikasi dengan orang lain, apabila diajak bertemu dengan orang yang belum kita kenal sebaiknya jangan dihiraukan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat .^-^.
About The Author
Miss Rinda, just call me like that. I'm just ordinnary girl who love design and love to sharing anything. I live in Bandung, Indonesia. And nice to meet you guys :D
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

cursor

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com

HeZtiEnd_PhoeNya ^_^ Copyright © 2010 Designed by Rinda's Template Inspirated by Ipietoon